Rabu, 21 September 2016

Psikologi Manajemen

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Psikologi Manajemen adalah suatu studi tentang tikah laku manusia yang terlibat dalam proses manajemen dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi manajeman untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan misalnya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya, tanpa adanya manajemen tentu semua tidak akan berjalan dengan baik.
Dengan kita memanage hal-hal tersebut, tentu kita jadi bisa melakukan hal tersebut dengan baik dan tertata. Tidak hanya dalam itu saja, psikologi manajemen pun sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hidup kita sehari-hari bisa sedemikian tertata  jika kita mengerti dan bisa memanajemen apa yang akan kita mau lakukan. Dan tanpa sadar pun dalam kehidupan sehari-hari kita sudah banyak melakukan manajemen terhadap kegiatan yang akan akan kita lakukan dan pada diri kita sendiri.


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Psikologi Manajemen

Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Psikologi manajemen adalah suatu studi tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses manajemen dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM (Sumber Daya Manusia) ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun. Pasalnya, ilmu psikologi yang memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktifitas perusahaan. Kegiatan intervensi (yang bertujuan untuk "mengolah" manusia) inilah yang menjadi titik tolak dari kajian ilmu psikologi manajemen.
Menurut Nickels, Mchugh and McHugh, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Menurut Ernie Kurniawan, Manajemen adalah seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terikat dengan pencapaian tujuan. 
Kaitannya dengan psikologi : Ilmu psikologi berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai factor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, ketrampilan dengan berbagai macam teknik sehingga bisa di capai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan. Jadi, Psikologi manajemen adalah


ilmu tentang bagaimana mengatur atau me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.

B. Pentingnya Psikologi Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari

Psikologi manajemen sangat berperan penting untuk kehidupan sehari-hari guna proses mencapai keberhasilan dan mencapai tujuan. Dalam kehidupan sehari-hari manajemen harus terkoordinir dengan baik, karena dengan adanya manajemen kita dapat mengatur sesuatu dengan baik dan benar. Jika kita mau melakukan sesuatu tanpa kita rencanakan cara atau strateginya maka hal yang mau kita lakukan tidak akan ter manage dengan baik, tidak tertata dan tidak terarah tujuannya kemana dan untuk apa.  Tentu kita perlu mempelajari psikologi manajemen agar upaya yang dilakukan tidak menjadi sia-sia, dan tentunya agar strategi kita bisa tepat untuk mewujudkan target tujuan kita dengan tertata dan terarah.

C.  Contoh Manajemen Dalam Kehidupan Sehari-hari

1.      Manajemen Rumah.
  Penerapan manajemen dalam rumah yang perlu diperhatikan seperti menata halaman rumah dengan baik, penataan ruang tamu, penataan tempat tidur, penataan dapur dan penataan kamar mandi/toilet.


2.      Manajemen Waktu.
    Waktu merupakan hal yang sangat berharga, dari mulai kita bangun tidur sampai tidur kembali hendaknya diisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat secara optimal, efektif dan efisien. Orang yang bisa mengatur dan mengelola waktu dalam hidupnya dia akan mendapatkan hasil yang baik dan keberuntungan.

3.      Manajemen Uang.
     Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti mebutuhkan alat pembayaran yaitu uang. Uang digunakan dalam kehidupan sehar-hari seperti untuk membeli makan, bayar ongkos kendaraan, membayar biaya sekolah, dan keperluan lainya. Ilmu Manajemen juga diperlukan untuk memanajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta sebuah perencanaan dan pengawasan terhadap keuangan kita serta agar kita dapat mengetahui dengan jelas berapa besar uang yang telah kita gunakan , dan dengan memanajemen keuangan kita juga bisa mengevaluasi seberapa optimal dan efektifkah kita dalam menggunakan uang.  

1 komentar: